Nasehat Syeikh Yahya bin Ghulam al bakistany

Berikut cuplikan diskusi beliau dengan al ustadz Abu Hamzah (pimred Majalah Qiblati) dari http://www.qiblati.com, insyaAllah Mutiara Nasehat yang sangat indah bagi kita semua)
Masalah-masalah ilmiah manhajiyah yang kita diskusikan, dan ucapan
beliau dalam masalah-masalah tersebut antara lain:

1. Tentang Jam’iyyah
Syaikh Masyhur Hasan Salman pernah bertanya kepada Syaikh Al-Albani tentang tanzhim (pengorganisasian), maka beliau menjawab: “Pertemuan kita ini tidak terlaksana kecuali dengan tanzhim.”
“Di India Jam’iyyah Ahli Hadits ada Raisnya (ketuanya), ada sekretariatnya, ada programnya, ada jadwal-jadwal pengajiannya.”
Saya (abu Hamzah) katakan: Apa yang beliau sampaikan ini adalah sama persis dengan yang disampaikan kepada saya oleh Syaikh Washiyullah Abbas, 4 tahun lalu saat kami bertamu kepada beliau, yang waktu itu saya diantar oleh akhi Nurkholis –jazahullahu khairan-. Beliau mengatakan bahwa tanpa jam’iyyah ahli hadits, kelompok salafiyyah tidak akan eksis.
Pada saat saya katakan kepada syaikh agar jangan bosan-bosan menerima saya jika berkunjung lagi, dan saya katakan insyaallah pada kunjungan depan saya akan datang dengan membawa istri saya, maka beliau menyanggupinya. Sambil tersenyum beliau mengatakan: “Gampang, nanti akan kita tanzhim (atur).” Terus saya guyoni: wah, jangan-jangan antum akan ditahdzir karena tanzhim ini.” Beliau juga guyon: “Wah, itu tinggal nunggu giliran saja.”

2. Tentang Tahdzir
Ghuluw terjadi dalam hal tahdzir.
Di Inggris pernah ada yang meminta kepada Khathib ied (hari raya) agar membahas (mentahdzir) tentang Sayyid Quthub.
Di Inggir juga ada yang sering di dalam khutbah Jum’at mentahdzir Abul Hasan al-Ma’ribi. Karena seringnya tahdziran (warning) itu hingga seseorang bertanya kepada khathib itu: Apakah Abul Hasan itu Dajjal yang diperingatkan oleh Nabi agar kita menjauhinya?!!

3. Tentang Salafi
Ghuluw juga terjadi dalam menilai sesorang itu salafi atau bukan.
Diantara bentuknya adalah meyakini bahwa tidak ada ulama salafi kecuali dua atau tiga orang. Pernah Syaikh Fulan (beliau menyebut namanya): “Riyadh tidak ada salafi kecuali Syaikh Abd Karim Barjas dan Syaikh fulan. Kini, karena syaikh Fulan sudah tiada maka salafi kini tingal satu!!!

4. Tentang Sebab Tahdzir yang tidak mundhabit (akurat, paten)
Saat akh Nuruddin bertanya apa yang melatar belakangi banyaknya tahdziran yang tidak tepat itu, beliau menjawab:
pertama: kurang ilmu. Tidak memiliki qawaid yang tepat dalam memasukkan dan mengeluarkan seseorang dari salafiyyah.
Kedua: kurangnya ketakwaan kepada Allah.
Di Tunis pernah ada satu kelmpok yang menulis surat ke pemerintah –padahal mereka adalah Fussaq; fasik- mengatakan di dalam surat itu:
Kami taat kepada pemerintah, loyal dan setia, tidak seperti kelompok-kelompo lain yang.” (Akhirnya pemerintah malah curiga terhadap mereka yang terkesan menjilat itu, lalu mereka ditangkap).
Islam itu fitrah, apa yang menyalahi fitrah pasti bukan Islam (beliau berkata seperti ini karena tidak setuju dengan ghulw dalam tahdzir dan kaku dalam sikap).
Imam Ahmad pernah ditanya tentang ahli Bid’ah apakah dilaporkan saja kepada pemerintah agar ditangkap? kata beliau: siapa yang akan memberi makan anak-anaknya?!! (beliau berkata seperti ini setelah sebelumnya saya bercerita kalau di Madinah saya mengikuti kajian syaikh Shalih Suhaimi yang membahas tentang shahadah (persaksian) lalu ada penanya yang mengatakan: syaikh apakah kita wajib melaporkan ahli bid’ah itu kepada para masyayikh agar ahli bid’ah ditahdzir dan kita tidak berdosa menyembunyikan kesaksian)
(insyaallah ktipan kajian syaikh Shalih akan kita tayangkan di lain waktu)

5. Tentang Fajar Shadiq dan arah kiblat
(Saat saya ceritakan bahwa sebagian orang mewajibkan taat ulil amri, meskipun terbukti jadwalnya salah, belum masuk fajar shadiq maka beliau mengatakan): Itu syirik, coba engkau renungkan. Maka saya katakan: ya, sebab Allah berfirman tentang ahli kitab yang artinya: mereka menjadikan para ulama dan pendeta sebagai tuhan-tuhan selain Allah.”

6. Tentang Syiah
(Saat saya katakan Syaikh DR. Taufiq memiliki 6 situs anti syiah, beliau berkata memberi info) Syaikh Adnan Ar-ur (murid Syaikh Al-Albani) memiliki 26 situs anti Syiah.

7. Tentang Buku Beliau
Tentang buku Akhbar al-Salaf,: “Untuk pembahasan inkar munkar khususnya inkar ulama terhadap umara saya batasi. Saya tidak menulis banyak untuk maslahat.”
Tentang kitab Tawjihul Maqshad biikmal shahih adabil mufrad (yang baru dihadiahkankepada saya pada waktu itu karena saya bercerita kalau saya mengajarkan kitab Adabul Mufrad): “Sengaja saya tidak membahas warna-warni pakaian wanita karena pertimbangan maslahat.
Jadi terkadang seorang ulama tidak membahas, bukan karena tidak mengetahui atau tidak mengakui, tetapi karena untuk menghindri fitnah”

8. Tentang Kondisi Keagamaan Masyarakat selama 4 tahun ini yang cenderung merosot.

9. Tentang Pembongkaran Situs-Situs Sejarah dan kompensasi yang diberikan kepada pemilik tanah, dan cara pemindahan mereka yang memprihatinkan.
Syaikh Sa’id ibnul Musayyib, saat rumah Nabi Sholallohu ‘alaihi wa sallam dibongkar, beliau berkata: Andaikan rumah Nabi Sholallohu ‘alaihi wa sallam dibiarkan, agar manusia mengetahui tempat tinggal Rasulullah .

10. Tentang Majalah Qiblati dan Daurah Qiblati.
Pada Daurah lalu saya tidak bisa datang ke daurah Qiblati karena urusan paspor belum selesai.

Abu Hamzah Agus Hasan Bashori
Makkah, 8-4-2010

Karya Tulis Syaikh Zakariya Abu Yahya bin Ghulam Al-Bakistani yang Sudah Dicetak:

1. Shahih al-Matjar ar-Rabih (hadits-hadits fadhilah amal shalih) (Dar Ibn Hazm)
2. Min Akhbar as-Salaf
3. Ahkam al-Adzkar (Maktabah al-Rusyd)
4. Min Ahadits al-Akhbar bima La Yashihhul Akbar.
5. Tanqihul Kalam Fil Ahadits al-Dhaifah Fi Masail al-Ahkam.
6. Ushul al-Fiqh Ala Manhaj Ahlil Hadits (Dar ibnul Jauzi)
7. Taujihul Maqshad biikmal shahih al-Adab al-Mufrad (Maktabah al-Rusyd, i jilid)
8. Ma shahha min atsar al-shahabah fil-fiqh (Dar Ibn Hazm, 3 jilid)
9. al-Ahadits al-Dhi’af wal-Maudhu’at FilAsma’ was-Shifat, beserta as-Subul al-sawiyah Fi ma La Yashih Minal Ahadits Fil Adab as-Syar’iyyah (Dar Ib Hazm)

sumber : http://www.qiblati.com

Advertisements

About tigagenerasi

ahlussunnah wal jama'ah
This entry was posted in Islamic. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s