Tukang Parkir Naik Haji…

Kalau orang yang biasa mendengarkan kajian sedekah tidak akan terkaget-kaget membaca judul-judul tersebut, tapi ini adalah sebuah kisah nyata yang terjadi di daerah saya.

 

Suatu hari saya mendengar cerita dari seseorang bahwa “disini ada tukang parkir yang naik haji sampai dua kali..” waduh.. masa’ orang yang pekerjaannya hanya niup peluit, ngasih karcis sama menutup sadel sepeda dengan kardus bias naik haji sampai dua kali. Dalam hati saya.

 

Runtut-punya runtut akhirnya beberapa waktu saya sambil jalan-jalan, atau beli bakso saya coba perhatikan tukang parker yang dimaksud.

 

Melihat apa yang ia kerjakan saya hanya bisa geleng-geleng kepala..

 

Dalam beberapa menit saja ia sudah dapat 5-10 orang parker sedangkan satu orang di tarif 1000 rupiah.. ya pantes sekali kalau ia bisa naik haji. Ngitung-ngitung rezeki orang.. misalkan ia sehari parker 120 orang sehari dan ini sangat tidak mustahil baginya karena ia memarkir disepanjang jalan. 120 x 1000 = 120.000 di kali 25 hari missal = 3.000.000,- angka yang fantastis untuk nyemprit-nyemprit aja. Dan kalaupun ada retribusi dari uang parker tersebut tentu tidak mengurangi secara signifikan.

 

Tapi ada yang kurang menyenangkan, pernah saya mau beli obat baru saya masuk ke toko sudah di karcis dan setelah masuk ee… ternyata obat nggak ada… dapatnya karcis parker seharga 1000. pernah saya beli Koran.. harganya 2300 saat itu kena parker 1000 waduh harga Koran mencapai 3300, pernah beli bakso 3000 parkir 1000 total 4000 ongkos parker hamper 35 % dari harga bakso…

 

Mungkin itu yang menjadikan orang lebih suka mendatangi toko yang memberlakukan free park bukan bebas parker “parkir sesukanya”… karena parkirnya harus tertata Cuma gak bayar…

🙂

About tigagenerasi

ahlussunnah wal jama'ah
This entry was posted in goresan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

